Saturday, January 25, 2014

Cara Mengatasi PES Tidak Bisa Jalan Karena kurang VRAM

Setelah mampir di http://sam-berbagi.blogspot.com/, saya berhasil menambah VRAM menjadi 256MB, thx sob…

Begini caranya :
Cara Mengatasi PES Tidak Bisa Jalan Karena Kurang VRAM | PES 2013memang Game yang paling digemari saat ini dan berita yang saya dengar bulan depan KONAMI akan merilisPES 2014. Sebagai salah satu penggemar berat dari game yang satu ini yaitu Pro Evolution Soccer (PES), banyak teman saya yang selalu konsultasi (huhuuii kayak dokter, hehee) tentang masalah Game PESnya tidak bisa berjalan di Laptop, salah satu masalah yang paling sering terjadi yaitu Karena Kurangnya VRAM atau video memory sebuah Laptop atau PC. Kebetulan saya juga pernah mengalami VRAM Unable Saat Mau Main PES 2013 sewaktu saya menggunakan Windows 7, Pada umumnya, biasanya hal ini terjadi pada laptop yang menggunakan system operasi Windows 7 dengan VGA Intel® graphics.


Untuk masalah lainnya silahkan baca postingan saya untuk Mengatasi PES 2013 ERROR setelah install PESEDIT ( Patch ).

Kalau belum punya Patch Terbarunya Sobat bisa Download disini PESEdit 2013 Patch Terbaru

Ok, kita kembali lagi ke pokok pembahasan. Cara Mengatasi PES Tidak Bisa Jalan Karena Kurang VRAM ini sebenarnya saya dapat dari berbagai sumber di internet, saya juga sudah coba berbagai macam cara dan akhirnya saya dapat tips yang jitu dari blog Ali Madura yang saya ulas kembali sedetil-detilnya dalam postingan ini. hanya cara ini yang mampu mengatasi PES Tidak Bisa Jalan Karena Kurang VRAM. Berikut Screenshot Pesan yang muncul karena kurangnya VRAM pada Laptop/PC yang sempat saya dokumentasikan.


Pesan di atas kalau dalam bahasa kita adalah "Komputer kamu tidak memenuhi sistem minimal rekomendasi untuk menjalankan program ini, Video Card kamu tidak memenuhi standar spesifikasi. (GPU:VRAM 128MB)", Artinya VRAM yg terbaca di komputer Sobat tidak sampai 128MB maka munculah warning seperti di atas, anda mungkin bisa menjalankan program tsb dengan mengklik ignore tapi kadang kala hal tsb dapat menyebabkan crash pada saat bermain PES 2013 yaitu saat akan pilih match, memilih avatar atau saat pilih menu exebition dan saat mengatur game plan untuk bermain, tiba-tiba Game PES Sobat keluar sendiri dan muncul gambar seperti dibawah.

 

Jika Sobat juga mengalami masalah-masalah tersebut diatas, Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

Cara Mengatasi PES Tidak Bisa Jalan Karena Kurang VRAM



Uninstall terlebih dahulu Driver VGA yang digunakan saat laptop tidak bisa memainkan game tersebut, caranya klick kanan pada My Computer, lalu klick Manage. lalu akan nampak seperti gambar dibawah, Klik Device Manager (tanda merah).

 

Selanjutnya cari Display adapters, klick 2x pada VGA yang ada di display adapters, lalu pilih uninstall. atau ikuti langkah-langkah pada gambar dibawah

 

Jika Proses Uninstall selesai, maka Laptop sobat akan restart dengan sendirinya.

Selanjutnya Instal Driver "Windows XP" untuk mengagantikan Driver yang di Uninstall tadi, jika belum dapat  driver nya silahkan sobat Download DISINI untuk VGA laptop yang memakai Intel® graphics atau search aja di google dengan kata kunci driver XP dan type Laptop sobat. Disinilah letak kuncinya kenapa kita harus mengganti dengan Driver Windows XP, karna jika menggunakan driver untuk windows 7 pasti nantinya akan terbaca 64Mb, karna sebagian besar memory akan di alokasikan untuk performa grapichs jadi hanya 64MB yang tersisa.

Jika Sobat telah sukses menginstall Driver VGA Windows XP di Laptop Sobat, silahkan buka game PES 2013 nya, dijamin tidak akan ada lagi "WARNING". Cara ini sudah saya terapkan di 3 Laptop punya teman saya dan semuanya berhasil.

CATATAN :
Tidak semua laptop bisa memakai cara ini, karena tidak semua laptop/PC video cardnya support dengan driver windows xp.

Sekian Postingan saya tentang Cara Mengatasi PES Tidak Bisa Jalan Karena Kurang VRAM. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat.

Sampai jumpa di postingan saya selanjutnya untuk mendapatkan informasi dan tips seputar GAME PES dari saya.

Selamat Mencoba...

20 comments:

  1. Gan itu kalo pake Driver VGA Windows XP

    apakah Tampilan komputer berubah jadi windows XP

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga terlalu berpengaruh kok gan, ya seperti klo aero-nya ga di pakai.

      Delete
  2. KUNJUNGI PUNYA GUA PASTI BERMANFAAT KARENA MENGATASI PES SEPERTI ITU TANPA ADA ERROR DIJAMIN SUKSES
    alamatnya http://lifeyourchoose.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. sudah di coba dan berhasil kok gan, mungkin driver xp ga suport dg laptopnya. coba cari driver xp lainya di google gan.

      Delete
  4. Terimakasih informasinya, semoga bermanfaat. tambah lagi gan infonya

    visit : http://www.rajalistrik.com

    ReplyDelete
  5. Gan cara instal kembali driver xp ny gman?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah di uninstal driver bawaanya, baru agan bisa instal driver xp yang sudah agan download sebelumnya.

      Delete
  6. cara reinstall driver vga intel hd graphic 3000 nya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. uninstal dulu driver vga sebelumnya, baru instal seperti biasa.

      Delete
  7. ada link yg msih aktif gak gan buat download xp nya?

    ReplyDelete
  8. Gan kalo utk amd radeon a9 gimana??pes 2017 gak bisa.kurang vramnya

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Ane minta wa ente deh gan min

    ReplyDelete

Semoga bermanfaat